Rabu, 27 Februari 2013

10 Mesin Ketik Paling Cantik Sepanjang Sejarah

Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang apabila ditekan menyebabkan huruf dicetak pada dokumen, biasanya kertas. Dari awal penemuannya sebelum tahun 1870 sampai pada abad 20, mesin ketik banyak digunakan oleh para penulis profesional dan pekerja di kantor. Sejak saat itu, mesin ketik telah menjadi bagian dari bisnis perusahaan dan menjadi produk komersil di seluruh dunia. Walaupun masih populer dengan beberapa profesi, seperti penulis, mesin ketik fungsinya telah teralihkan dengan kehadiran mesin lain. Pada akhir dasawarsa 1980-an, mesin pengolah kata dan komputer pribadi (personal computer) telah menggantikan fungsi mesin ketik di beberapa negara di dunia bagian barat. Walaupun demikian, mesin ketik masih digunakan di beberapa negara tertentu di dunia hingga saat ini.
Inilah 10 mesin ketik paling cantik sepanjang sejarah, silahkan disimak :
1. Mesin Ketik Scholes n Glidden

Mulai memproduksi mesik ketik sejak 1873. Menjadikan Scholes n Glidden Typewriter sbg pembuat mesik ketik masal yg pertama. Di sini pula sejarah sistem QWERTY di mulai. Pencetusnya adalah Chirstopher Latham Sholes dan Charlos S. Glidden.

2. Mesin Ketik The Crandall New Model

The Crandall New Model pertama kali diluncurkan pada tahun 1885, sangat spesial karena berbentuk menyerupai tengkorak manusia.
 3. Mesin ketik Mignon

Mignon merupakan pelopor mesin ketik elektrik. Menggunakan papan index dengan 84 karakter yang dilengkapi dengan alat tunjuk. Alat tunjuk tersebut berfungsi untuk menempatkan posisi silinder ketiknya sesuai dengan karakter yang dikehendaki.
Gambar ini merupakan model Mignon 4, keluaran tahun 1923. Yang merupakan seri Mignon yang memiliki bentuk paling cantik.
4. Mesin Ketik Hermes 3000

Tidak ada yang spesial dari  Hermes 3000 ini, kecuali desainnya yg terlihat empuk. Curvy lines dari mesin ketik ini membuatnya populer selama beberapa dekade. Model ini keluar pertama kali tahun 1950-an. Bahkan sampai hari ini pun masih banyak yang menyukai mesin ketik ini.
5. Underwood 5

Setelah mesin ketik scholes and Glidden, adalah mesin ketik Underwood 5 yang menjadi standard untuk semua mesin ketik yang dibuat setelah tahun 1900. Underwood 5 merupakan mesin ketik paling favorit yang digunakan para profesional pada pertengahan abad 20.
6. The Hansen Writing Ball

Bisa dibilang merupakan design mesin ketik paling aneh. Pertama kali muncul pada tahun 1865. Juru ketik harus meletakkan jarinya diatas tombol-tombol yang melengkung dan langsung menekan kertas tepat dibawahnya. Penulis dan pemilik mesin ketik ini adalah Friedrich Nietzsch.
7. The Lattera 10

Lattera 10 tidak begitu mencolok dimasanya. Namun konsep kombinasi lengkungan dan sudut, menjadikannya memiliki desain yang paling modern diantara semua mesin ketik kuno.Bahkan desain ini masih digunakan hingga kini.
8.The Hammond 1880

Pertama kali diproduksi pada tahun 1880, The Hammond ini langsung menyedot banyak perhatian dengan bentuknya yang tipis dan melengkung. Uniknya The Hammond seperti memiliki wajah yang sedang tersenyum.
9. The Simplex
Mesin ketik Simplex menggunakan tombol yang melingkar seperti mesin telepon pada masa lalu. Simplex dibuat memang untuk mesin ketik sebenarnya, namun dengan sangat cepat Simplex berubah menjadi mesin ketik mainan untuk anak-anak.
Konsep Putar – menekan – putar menjadikannya dianggap sebagai mesin ketik paling menyenangkan untuk anak-anak.
10. Olivetti Valentine
Mesin ketik keluaran tahun 1970 ini bentuknya gak lagi seperti wajah tersenyum, tapi malah seperti wajah dengan mulut terbuka mengeluarkan papan ketik.

sumber: gizmodo.com/5933011/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar